6 Makanan Sehat Yang Kaya Akan Vitamin D, Wajib Tahu!

Tunoticiero Digital – Vitamin D merupakan satu-satunya nutrisi yang diproduksi oleh tubuh pada saat tekena matahari.Sayangnya, 50 persen populasi di dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari serta 40 persen penduduk Amerika Serikat itu kekurangan vitamin. Hal seperti ini di akibatkan sebab adanya sebagian orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Menggunakan tabir surya di luar, serta makanan barat tabf renah akan nutrisi sumber vitamin. Nilai harian yang direkomendasikan (DV) Ialah 800 IU (20mcg) vitamin perhari yang dihasilkan dari makanan.Kalau tidak dapatkan cukup sinar marahari, asupan Kamu kemungkinan harus mendekati 1.000 IU (25 Mcg) perhari (4 Trusted Source).

6 Makanan Sehat Yang Kaya Akan Vitamin D

1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah ikan yang berlemak dan sangat populer serta mempunyai sumber vitamin yang sangat bagus. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi sama dengan 3,5 ons (100gr) salmon Atlantik yang dibudidayakan itu mengandung 526 IU vitamin, atau 66% DV (5).

2. Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ini merupakan suplemen yang sangat populer. Nilai harian yang di rekomendasikan (DV) ialah 800 IU (20mcg) vitamin D perhari yang terdapat pada makanan.

3. Kuning Telur

Seseorang yang tidak bisa makan ikan harus tahu kalau makanan laut itu bukanlah satu-satunya sumber vitamin. telur utuh merupakan sumber lain yang baik, dan makanan bergizi yang sangat luar biasa.

Selain itu, sebagian besar protein yang terdapat pada telur itu ditemukan dibagian putih telurnya, lemak, vitamin, dan mineral yang diada pada kuning telur. Satu buah kuning telur mengandung 37 IU vitamin D /5% dari DV.

4. Jamur

Jamur merupakan sumber tanaman vitamin D yang sangat baik. Seperti manusia, jamur bisa mensintesis vitamin ini ketika terkena sinar matahari (27). Akan tetapi, jamur menghasilkan vitamin D2, sedang hewan menghasilkan vitamin D3.

Walaupun vitamin D2 dapat membantu tingkatkan kadar vitamin D didalam darah, itu mungkin tidak seefektif vitamin D3.

5. Ikan Herring dan Sarden

Herring merupakan ikan yang dimakan hampir di seluruh dunia. Jenis ikan ini dapat di sajikan mentah, kalengan, diasap, atua di asamkan.

Ikan kecil adalah salah satu vitamin terbaik. Ikan herring Atlantik yang segar menyediakan 216 IU per porsi sama dengan 3,5 ons (100gr) dan merupakan 27% DV.

6. Makanan Fortifikasi

Sumber alami dari vitamin terbatas, terutama kalau Kamu vegetarian atua tidak suka ikan. Beruntungnya berbagai produk maknan yang tidak alami mengandung vitamin yang dipercaya kaya akan nutrisi ini. Berikut ini diantaranya: Susu Sapi, Susu Kedelai, Jus Jeruk, Sereal dan Oatmeal.

Baca Juga : Apakah Nangka Makanan Pengganti Daging untuk Vegetarian ?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *