6 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Bad Mood Tanpa Kamu Sadari

Tunoticierodigital – Setiap orang pasti memiliki mood atau suasana hati yang sewaktu-waktu bisa berubah dalam kondisi tertentu. Anda pasti pernah mengalaminya dan ini adalah hal yang wajar. Yang sering terjadi adalah perasaan bahagia yang tiba-tiba berubah menjadi bad mood.

Bad mood pasti ada penyebabnya, tahukah kamu bahwa beberapa penyebab orang menjadi bad mood sebenarnya disebabkan oleh hal-hal sepele yang tidak kamu sadari. Penasaran? yuk simak hal-hal berikut.

Hal-hal Sepele Yang Sering Menyebabkan Bad Mood :

1. Pilihan makanan

Siapa disini yang suka makan saat lelah? Seolah-olah makanan akan membuat mood Anda lebih baik. FYI, pilihan makanan memang bisa mempengaruhi mood kita lho! Terdapat berbagai makanan yang dapat menjadi mood booster Anda.Seperti biasanya, makanan mood boster ini mengandung probiotik, serat, aram lemak omega-3,protein dan macam-macam vitamin B.

Kalau sedang bad mood kamu melampiaskannya dengan makan coklat, itu pilihan yang tepat! Selain dark chocolate, makanan yang bisa meningkatkan mood antara lain pisang, alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan oatmeal.

2. Kondisi cuaca

Pernahkah Anda, ketika hujan tiba-tiba Anda merasa kesal atau sedih? Yap, dalam situasi tertentu, kondisi cuaca juga bisa memengaruhi suasana hati kita, entah itu sedih, senang, atau kesal. Misalnya, ketika hujan Anda merasa sedih karena mengingatkan Anda pada peristiwa yang menyedihkan.

Atau misalnya suatu hari Anda merasa bosan, lalu tiba-tiba cuaca terlihat cerah sehingga Anda bersemangat lagi. Hal ini terjadi karena sinar matahari memberikan serotonin yang dapat meningkatkan mood. Jadi, jika perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas ke hujan membuat Anda lesu atau jengkel, maka Anda tidak malas, kok!

3. Jam tidur

Hal berikutnya yang mempengaruhi mood adalah jam tidur yang tidak teratur. Menurut beberapa penelitian, kurang tidur dapat memengaruhi suasana hati, ketidakstabilan emosi, lesu, mudah stres, cemas, dan efek kesehatan mental lainnya. Itulah sebabnya ketika kita kurang tidur mudah merasa bosan atau jengkel, sulit berkonsentrasi.

Jadi, jangan heran jika Anda mudah bad mood setelah begadang atau kurang tidur. Mulai dari sekarang, perbaiki jam tidurmu, yuk! Salah satu cara agar tidur lebih nyenyak adalah dengan membuat kamar kost Anda senyaman mungkin dengan nuansa yang Anda inginkan.

4. Baca berita

Pernahkah Anda mengalami hari yang suram hanya karena Anda membaca berita negatif? Tanpa kita sadari, berita yang kita konsumsi mempengaruhi mood kita, lho!

Misalnya, setelah membaca berita tentang meningkatnya jumlah kasus Covid-19, Anda langsung merasa cemas, takut, dan mungkin kesal karena masih ada orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Hasilnya, hari itu mood kamu jadi berantakan.

Nah, untuk contoh positif misalnya, ketika tersiar kabar tentang kemenangan atlet Indonesia peraih medali emas di Olimpiade. Tanpa kita sadari, membacanya saja sudah membuat kita tersenyum sendiri bukan?

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilah-milah berita yang ingin kita konsumsi. Kita tidak bisa mengontrol berita apa yang ada di media, tapi kita bisa mengontrol diri kita sendiri untuk memilih berita apa yang akan kita konsumsi.

5. Mainkan media sosial

Bagi sebagian orang, bermain media sosial memang menghibur. Namun, tak sedikit juga orang yang suasana hatinya menjadi kacau karena berlama-lama di media sosial.

Mungkin Anda sudah penasaran dengan trending topik di media sosial yang kurang menyenangkan. Dari apa yang Anda rasakan sebelumnya, bisa jadi Anda sedang bad mood, sedih, atau marah karena topik tersebut.

Selain itu, media sosial kini juga menjadi platform di mana orang-orang menunjukkan prestasi mereka dan betapa bahagianya mereka dalam hidup. Terkadang, tanpa disadari, kita membandingkan hidup dengan mereka, lalu merasa minder, bahkan depresi!

Duh, jangan sampai kita menjadi tidak bijak dan biarkan media sosial mengatur emosi kita, ya! Ingat, kita selalu berhak untuk berhenti mengikuti, memblokir, atau membisukan hal-hal di media sosial yang membuat kita tidak nyaman.

6. Menonton pesta

Menghilangkan rasa bosan dengan menonton serial atau drama Korea memang tidak pernah salah. Akan tetapi, tahukah Kamu bahwa menonton maraton atau binge-watching ternyata dapat menjadi bumerang untuk mood kita?

Menurut sebuah studi oleh University of Toledo, 142 dari 408 responden merasakan stres, depresi, dan kecemasan berlebihan setelah menonton pesta.
Peningkatan dopamin, hormon yang meningkatkan mood, dalam jangka pendek baik untuk diperhatikan. Namun, binge-watching secara berlebihan dan sendirian justru bisa memicu depresi.

Ketika kita menonton pesta, kita tampaknya menarik diri dari hubungan manusia. Itulah sebabnya, ketika kita selesai menonton drama atau serial maraton, kita sering merasa hampa, sedih, cemas, dan tersesat.

Itu 6 hal yang bisa mempengaruhimu oo tidak diperhatikan. Kira-kira berapa angka yang sering menjadi penyebab bad mood kamu?

Baca Juga : 4 Makanan Yang Dapat Membantu Untuk Mengatasi Dehidrasi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *