Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Awet

Tunoticierodigital – Meski menyimpan sayuran di kulkas, sayuran tetap bisa cepat kering. Bisa jadi karena Anda baru saja memasukkan sayuran ke dalam kulkas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan sayuran di kulkas agar sayuran tidak cepat layu dan kualitas sayuran tetap terjaga.

Berikut Bermacam-Macam Tips Yang Dapat Kalian Lakukan:

1. Pastikan kulkas bersih

Sebelum menyimpan sayuran atau bahan masakan lainnya, pastikan kulkas dalam keadaan bersih. Kulkas yang bersih dapat menjaga kualitas sayuran. Anda dapat membersihkan kulkas secara teratur sekitar dua kali seminggu atau dua kali bersama dengan freezer. Atau jika Anda merasa isi kulkas Anda kotor atau berbau tidak sedap, Anda bisa langsung membersihkannya.

2. Atur suhu kulkas

Suhu kulkas yang baik untuk sayuran dan bahan masakan lainnya berada pada kisaran 1 hingga 4 derajat Celcius. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan akan berkembang biaknya bakteri yang akan mempengaruhi daya tahan sayuran yang disimpan.

3. Pisahkan sayuran dari buah-buahan

Buahnya menghasilkan bahan yang bisa membuat makanan di sekitarnya cepat matang. Jika makanan di sebelah kanan memiliki buah, maka tidak apa-apa.

Namun, jika ada sayuran di sekitar buah, gas atau zat yang dikeluarkan dari buah akan menyebabkan sayuran lebih cepat membusuk. Sayuran matang bisa menguning, layu, dan akhirnya membusuk. Untuk menambahkan, Anda dapat menyimpan sayuran dan buah-buahan di laci kulkas yang berbeda.

4. Setelah dicuci, pastikan sayuran kering saat dimasukkan ke dalam kulkas

Sebelum memasukan ke dalam kulkas, sayuran harus dicuci terlebih dahulu supaya kotoran serta bakteri yang menempel pada sayuran hilang. Sesudah dicuci, Kalian dapat mencicipi sayuran dan menggosoknya terlebih dahulu dengan gelas.

Sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, pastikan sayurannya sudah kering. Air yang masih menempel pada sayuran akan membuat sayuran menjadi lembab yang dapat menyebabkan sayuran lebih cepat busuk.

5. Periksa sayuran secara teratur

Setiap sayuran memiliki umur simpan yang berbeda. Jika Anda akan menyimpan sayuran Anda selama lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksanya secara teratur. Periksa sayuran dengan hati-hati, buang bagian yang mulai menguning atau mulai layu agar tidak menyebar ke bagian lain. Jadi, sayuran bisa bertahan lebih lama.

6. Simpan sayuran dalam cara Anda menyiapkan makanan

Persiapan makanan merupakan salah satu cara agar sayuran lebih awet dan menjaga kualitas sayuran. Selain itu, menyiapkan makanan akan lebih mudah jika hanya menggunakan sayuran.

Cara menyimpan sayuran menggunakan cara penyiapan makanan ini hanya dengan membersihkan sayuran, memotong-motongnya, kemudian memasukkannya ke dalam wadah udara yang berbeda, dan terakhir memasukkannya ke dalam kulkas. Menyimpan sayuran dengan persiapan makanan ini juga akan menjaga wadah tetap rapi.

Beberapa tips ini bisa Anda terapkan agar sayuran Anda lebih awet. Namun, disarankan agar Anda segera memasak sayuran saat masih segar.

Baca Juga : 5 Tanda bahwa lingkaran pertemanan Anda menyusut sebenarnya adalah hal yang baik untuk Anda

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *