4 Tips Menjemur Baju, Dijamin Cepat Kering!

Tunoticierodigital – Mencuci dan menjemur merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Sebagai ibu rumah tangga, saya sering berharap pakaian cepat kering. Paling tidak, jemur baju di pagi hari lalu jemuran di sore hari. Sebab pakaian yang tidak kering biasanya akan berbau apek, maka area jemuran baju akan digunakan kembali keesokan harinya untuk cucian baru. Apalagi pakaian yang dijemur di bawah sinar matahari adalah pakaian yang dipakai sehari-hari. Kalau saya menyebutnya curingke alias dry cleaning.

Walaupun banyak jasa laundry bahkan dengan fasilitas shuttle, entah kenapa saya tidak pernah tertarik. Mungkin karena saya masih merasa mampu dan punya waktu, jadi saya tidak merasa jadi ibu rumah tangga tanpa mengerjakan pekerjaan rumah. Menurut saya, selama Anda sehat, mencuci dan menjemur bukanlah kegiatan yang berat.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar jemuran cepat kering.

1. Peras dengan kuat

Tips pertama adalah meremas dengan kuat. Jadi sebelum menjemur pakaian di bawah sinar matahari, peraslah dengan kuat agar air yang terkandung di dalamnya bisa keluar. Dengan sisa air yang lebih sedikit, pakaian akan lebih cepat kering.

Sebaliknya,kalau air yang terkandung dalam pakaian tidak diperas dengan kuat, akan sangat butuhkan waktu lebih lama untuk mengering. Hal sederhana ini cukup penting dan mempengaruhi lamanya waktu pengeringan pakaian.

2. Jemur Baju ditempat yang terkena sinar matahari langsung

Tips kedua adalah jemur baju di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Maka, hindari menjemur di tempat tertutup, tidak terkena panas, atau tempat yang lembab. Karena di tempat itu pakaian kering dalam waktu yang lama, bahkan sampai berhari-hari. Padahal, pakaian yang tidak kering bisa menimbulkan bau apek dan tidak nyaman saat dikenakan.

3. Jarak yang diberikan

Tips ketiga adalah memberi jarak. Jadi, antara satu jemuran dengan jemuran lainnya diberi jarak sekitar 3-5cm. Sehingga setiap helai pakaian memiliki ruang untuk dihembuskan oleh udara dan terkena sinar matahari, tidak saling menutupi. Sehingga pakaian akan lebih cepat kering.

Bayangkan jika pakaian menumpuk saat dijemur, tentunya antara satu pakaian dengan pakaian lainnya saling menutupi. Tidak bisa bergerak, tidak terkena panas. Hasilnya, tidak mengering.

4. Menggunakan gantungan

Tips keempat adalah dengan menggunakan gantungan. Karena dengan menggunakan hanger pada setiap pakaian akan mudah kering dari atas ke bawah. Air yang berada di atas pakaian, perlahan-lahan akan jatuh ke bawah dan kemudian mengering. Jadi, itu akan mempercepat pengeringan pakaian.

Nah itulah 4 tips menjemur pakaian agar cepat kering. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Makanan-Makanan Yang Membuat Anda Bahagia Setiap Hari

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *